Tuesday, August 21, 2018

Mengucapkan Terima Kasih Dalam Bahasa Pali

0 comments

Mengucapkan Terima Kasih Dalam Bahasa Pali

Sebagai makhluk sosial, kita diharapkan untuk saling membantu satu sama lain. Dalam hidup, kita pasti pernah membantu dan dibantu oleh orang lain. Hal yang lazim dilakukan setelah mendapatkan bantuan adalah mengucapkan terima kasih. Agama Buddha juga mengajarkan umatnya untuk tahu berterima kasih. 

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana umat Buddha mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Pali?

Bagi kalangan umat Buddha tentu pernah mendengar kata Anumodana. Kata Anumodana juga sering diucapkan oleh para bhikkhu setelah menerima persembahan empat kebutuhan pokok para bhikkhu dari umat. Ada yang beranggapan bahwa Anumodana adalah terima kasih. Namun sesungguhnya, Anumodana bukan berarti terima kasih. Kata Anumodana disusun dari kata ‘Modana’ dengan prefik ‘Anu.’ ‘Anu’ berarti ‘turut atau ikut.’ Dan ‘Modana’ berarti ‘bergembira’,‘berbahagia’, atau ‘bersuka cita.’ Jadi, Anumodana berarti ‘Turut bergembira atau bersukacita.’ 

Kata Anumodana sering diucapkan para bhikkhu setelah menerima persembahan dari umat karena melalui kata itu para bhikkhu mengungapkan rasa simpatinya atau turut bersukacita atas kebajikan yang dilakukan oleh umat. 

Kata Anumodana sendiri sebenarnya bukan kata kerja Pali, namun kata benda. Jadi kata kerja yang betul untuk mengatakan turut bersuka cita adalah anumodāmi (aku turut bersuka cita) atau anumodāma (kita turut bersuka cita).

Lalu apakah umat juga boleh mengucapkan kata ‘Anumodana’ atau ‘anumodāmi’ setelah menerima bantuan dari orang lain? Jawabannya sah-sah saja, karena bahasa adalah universal. Bahkan bahasa Pali sendiri juga tidak jauh beda dengan bahasa kita yang digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Waktu itu bahasa Pali juga merupakan bahasa yang umum diucarkan oleh banyak orang. Jadi, singkatnya kata Anumodana juga boleh diucapkan oleh sesama umat setelah menerima bantuan orang lain. Namun perlu diingat, Anumodana dengan Terima Kasih tidaklah sama. 
Terus bagaimana kalau kita ingin mengucapkan Terima Kasih dalam bahasa Pali?
Thuti atthu
Thomayāmi
Abhitthutomhi
Namun bisa juga disingkat hanya dengan mengucapkan
Thuti
Abhitthuti

No comments:

Post a Comment